Prinsip Kerja Motor Listrik Beserta Fungsinya

Indonesia temasuk negara yang masih mengandalkan motor sebagai alat transportasi pribadi.Namun,banyaknya pengguna motor di indonesia masih sedikit dar

Prinsip Kerja Motor Listrik Beserta Fungsinya!

source:otomotif.kompas.com


dedexgemez.my.id - Indonesia temasuk negara yang masih mengandalkan motor sebagai alat transportasi pribadi.Namun,banyaknya pengguna motor di indonesia masih sedikit dari pengemudi yang belum tau atau paham tentang prinsip kerja motor listrik yang di miliki.

Untuk mengenal lebih jelas dan lebih dalam lagi tentang prinsip kerja motor listrik kesayangan Anda,silahkan simak artikel singkat berikut ini.

Tentang Motor Listrik

Perlu Anda ketahui bahwa motor listrik, merupakan sebuah perangkat yang dapat merubah energi listrik ke energi mekanik yang membuatnya dapat melaju.

Motor ini dikelompokkan menjadi 3 jenis :
  • Motor DC
  • Motor Induksi ( Induction Motor )
  • Motor Sinkron ( Synchronous Motor )
Ketiga jenis itu memiliki prinsip yang sama,tetapi yang membedakannya yaitu besaran interaksi medan magnetnya.Beberapa prinsip kerja motor listrik pada umumnya menghasilkan medan magnet yang dapat memberikan gaya,setiap motor terdiri dari beberapa loop di bagian dinamonnya,serta pasangan gaya untuk memutar kumparan.

  • Prinsip Kerja Motor DC
Ketika arus listrik dc menngalir melalui kumparan dalam medan magnet,gaya magnet menghasilkan torsi yang dapat memutar motor.
Motor DC dilengkapi dengan 2 terminal yang perlu tegangan untuk bergerak.Sebenarnya banyak Motor DC di gunakan dalam peralatan rumah tangga,peralatan industri dan banyak lagi.
Terdapat 2 bagian yaitu rotor dan stator.Rotor bagian yang dapat berputar dan terdiri dari kumparan jangkar,sedangkan Stator tidak dapat berputar dan terdiri dari kumparan medan dan rangka.

  • Prinsip Kerja Motor Induksi
Motor induksi dikenal dengan mesin Asinkron,karena mesinya tidak dapat beroperasi dengan kecepatan sinkron.Perangkat ini terdiri dari induksi satu phase dan tiga phase dan memiliki fungsi yang berbeda.Satu phase memiliki ukuran lebih kecil dan tiga phase banyak digunakan untuk industri.

Motor induksi menggunakan prinsip induksi elektromagnetik,dimana gerak listrik induksi dan melintasi konduktor ketika medan magnet berputar.


  • Prinsip Kerja Motor Sinkron
Sedikit berbeda dengan jenis motor lainnya,karena prinsip kerja Motor Sinkron ini tidak bergantung pada adanya arus agar dapat di operasikan.Karena rotor pada motor sinkron merupakan magnet permanen yang disinkronkan dengan medan magnet yang berputar.Putaran akan sinkron sesuai dengan frekuensi yang ditetapkan.